Khasiat Kunyit untuk Obat Alami - Kunyit sudah di kenal hasiatnya dari zaman dulu hingga masa sekarang. Kunyit juga masih bisa kita temukan pada ramuan jamu-jamu tradisional. Lalu, sebenarnya hasiat kunyit itu apa saja sih? Di sini saya akan coba sedikit mengupasnya untuk anda. Di bawah ini adalah beberapa hasiat kunyit dan cara peracikanya.

Mengobati Diabetes mellitus.
Ramuan yang terbuat dari kunyit, bisa di gunakan untuk mengobati penyakit Diabetes meletus. Adapaun cara pembuatanya : Ambilah 3 rimpang kunyit dan 1/2 sendok teh garam. Lalu direbus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian air tadi di saring. Setelah itu diminum 2 kali seminggu secara teratur 1/2 gelas saja.

Mengobati Sakit Tifus.
Kunyit juga dapat di gunakan untuk mengobati penyakit tifus. Caranya adalah : Siapkanlah 2 rimpang kunyit di tambah 1 bonggol sere dan 1 lembar daun sambiroto. Kemudian semua bahan itu ditumbuk hingga halus dan di peras untuk di ambil airnya, lalu tambahkan 1 gelas air hangat yang sudah masak, kemudian di saring. Lalu di minum.Lakukan selama 1 minggu berturut-turut. Atau bisa juga dengan yang lebih sederhana yaitu ambil 1 rimpang kunyit di parut, lalu di peras tanpa di beri air, lalu tambahkan madu aduk sampai rata. Kemudian di minum 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari.

Mengobati Disentri.
Kunyit juga ampuh ntuk mengobati sakit disentri. Caranya ambilah 1-2 rimpang kunyit juga gambir dan kapur sirih secukupnya. Kemudian semua bahan tersebut di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas saja, lalu di saring. Air tadi lalu di minum dan diulangi secara teratur hingga sembuh.

Mengobati Perut Mulas pada saat Haid.
Kunyit juga berguna untuk para wanita yang mengalami gangguan pada saat haid. Caranya adalah.. ambilah 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm tambah 1 rimpang jahe sebesar 4 cm dan di tambah lagi 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Cuci semua bahan tersebut hingga bersih lalu di parut untuk di ambil airnya, kemudian di tambahkan dengan perasan jeruk nipis. Seduh dengan 1/2 gelas air panas kemudian disaring. Bisa juga ditambahkan garam dan gula secukupnya kemudian di minum pada waktu hari pertama haid. atau bisa juga madu asli.

Dapat Memperlancar ASI.
Kunyit juga dapat di gunakan untuk memperlancar asio bagi ibu yang sedang dalam masa menyusui. Caranya adalah, ambil 1 rimpang kunyit lalu ditumbuk hingga halus. Lalu di oleskan sebagai kompres diseputar payudara. Lakukan 1 kali setiap 2 hari.

Untuk Mengobati Cangkrang (Waterproken)
Adapun caranya adalah sebagai berikut, ambil 2 rimpang kunyit tambah 1 genggam daun eceng, kemudian di tumbuk hingga halus. Setelah itu oleskan pada bagian tubuh yang kena cangkrang.

Berak Lendir (Disentri)
Kunyit juga berhasiat untuk mengobati Disentri. Caranya ambil 1 rimpang kunyit tambah 1 potong gambir dan 1/4 sendok makan kapur sirih. Lalu di rebus bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas saja, kemudian di saring. Lalu di minum 2 kali sehari 1/2 gelas, pada waktu pagi dan sore hari.

Mengobati Mencret
Kunyit juga berhasiat untuk menyembuhkan mencret. Adapun caranya Ambil Rimpang kunyit 1/2 jari tambah Rasuk angin 1/2 sendok the tambah Ketumbar 3 biji plus Buah kayu ules 1 biji dan daun trawas 1 helai, kemudian campuran tadi di tumbuk dan ditambah air 115 ml lalu di masak hingga mendidih setelah itu disaring, Lalu di minum pada pagi dan sore hari; tiap kali minum 100 ml.

Nah..itulah beberapa hasiat kunyit yang dapat anda gunakan untuk kesehatan anda. Dan saya harap dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang obat-obat alami di sekitar anda. Kunyit juga dapat di gunakan untuk kecantikan, di jaman kerajaan jawa kuno.. kunyit biasa di jadikan lulur oleh para putrid keratin untuk membantu merawat kecantikan kulit merekan. Nah.. demikian artikel singkat tentang Hasiat Kunyit untuk Obat Alami.

Bagikan ke

0 Komentar