Manfa'at Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Bagi anda kaum hawa, pasti tidak asing dengan yang namanya daun salam kan? Daun yang biasanya terdapat pada masakan berkuah seperti rendang ataupun gulai ini memang memiliki aroma yang khas. Biasanya orang akan membuang daun salam yang terdapat pada masakanya, padahal tanpa mereka ketahui terdapat banyak hasiat yang terkandung di dalamnya.. Daun salam di kenal mampu untuk mengatasi asam urat, kolestrol tinggi, stroke, diare, radang lambung, gatal-gatal, melancarkan peredaran darah, mengobati kencing manis, dan lain sebagainya.

Daun salam memiliki berbagai kandungan alami yang baik untuk tubuh sebagai obat alami. Yaitu tannin, minayk atsiri, dan flavonoida. Hampir seluruh bagian dari pohon salam dapat di manfa'atkan. Mulai dari kulit kayu, buah, daun, bahkan akarya. Buah salam yang bentuknya kecil dengnan warna merah juga di percaya dapat mengobati mabuk akibat alcohol. Lalu, apa saja sih khasiat daun salam untuk kesehatan? Berikut ini akan saya kupas:


daun salam
MENGOBATI DIARE
Jika ada kelurga anda yang mengalami diare, maka daun salam ini juga mampu di gunakan sebagai obat diare. Caranya adalah, ambil 15 lembar daun salam yang masih segar kemudian cuci dan rebus dengan air segar sealma 10-15 menit hingga mendidih. Lalu tambahkan sedikit garam kemudian minumkan.

MENGOBATI RADANG LAMBUNG
Untuk mengobati radang lambung, daun salam juga dapat di manfa'atkan. Caranya, ambil 30 gram daun salam kemudian di tambah 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya. Kemudian di rebus dengan 600cc air hingga hanya tersisa 300cc saja. Nah, airnya tadi di minum 2x sehari secara teratur.

MENGATASI ASAM URAT TINGGI
Daun salam juga dapat di gunakan untuk mengatasi asam urat yang tinggi. Caranya siapkan 9 lembar daun salam, rebuslah dengan air 700cc hingga mendidih dan tersisa 600cc air rebusan tadi. Minumlah selagi hangat.

MENGOBATI STROKE
Daun salam juga dapat di gunakan untuk mengobati stroke, caranya.. ambil 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang. Di buat masakan sesuai selera lalu di makan. Bisa untuk lauk atau di makan secara langsung.

MENURUNKAN KLESTROL TINGGI
Untuk mengobati kolestrol yang tinggi caranya ambil 7 lembar daun salam, di tambah 30 gram daun ceremai lalu di rebus dengan 600cc air matang hingga tersisa 300cc saja. Lalu, minumlah air rebusan tadi secara teratur.

MELANCARKAN PEREDARAN DARAH
Untuk memperlancar peredaran darah caranyaambil 7 lembar daun salam di tambah 30 gram daun dewa yang segar. Lalu rebus dengan 700cc air hingga mendidih dan sisakan 350cc air saja. Lalu saring dan minum 2x sehari secara teratur.

MENGOBATI DIABETES
Untuk mengobati diabetes, anda harus siapkan 10 lembar daun salam yang masih segar. Cuci bersih dan rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih, dan menyisakan dua gelas air saja. Diamkan sebentar hingga menjadi hangat lalu saring dan minumlah dalam keadaan hangat.

KESZEHATAN PENCERNAAN
Daun salam juga baik untuk kesehatan pencernaan. Daun salam dapat membantu mengontrol produksi asam lambung berlebih yang menjadi penyebab utama mag. Adapun caranya adalah siapkan 15-20 lembar daun salam yang masih segar. Cuci bersih dan rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih, dan menyisakan dua gelas air saja. Diamkan sebentar hingga menjadi hangat lalu saring dan minumlah dalam keadaan hangat.

MENGOBATI SAKIT MAAG
Untuk mengobati maag, anda harus menyiapkan 15-20 daun salam segar, di cuci hingga bersih. Kemudian rebuslah dengan setengah liter air tunggu hingga mendidih sekitar 15 menit. Tambahkanlah gula dan enau secukupnya ketika rebusan daun salam mendidih, kemudian tiriskan. Tunggu agak dingin lalu di minum. Lakukan secara teratur hingga maag anda sembuh.

UNTUK KESEHATAN RAMBUT
Daun salam koja, juga di ketahui mempunyai hasiat untuk mencegah tumbuhnya uban. Untuk menjaga penampilan rambut anda, daun salam koja juga dapat di gunakan. Caranya Campurkan daun salam koja dengan minyak rambut lalu rebus bersama selama beberapa menit. Gunakanlah campuran yang di rebus tadi sebagai hair tonic setiap hari secara teratur.

MEMBANTU MELANGSINGKAN TUBUH
Mengunyah beberapa dau salam koja secara teratur juga di percaya dapat menurunkan berat badan. Untuk anda yang sedang menjalani diet, mungkin bisa menambahkan daun salam koja dalam menu diet anda.

MENJAGA KESEHATAN MATA
Daun salam koja juga di percaya dapat membantu kesehatan mata anda. Jika anda tak suka memakanya secara mentah, anda bisa mencampurnya kedalam masakan seperti kari atau rendang.


manfa'at daun salam
Ternyata memang banyak sekali hasiat yang terkandng dalam bumbu dapur yang satu ini. Jadi setelah anda tahu semua hasiatnya ini, maka jangan sungkan-sungkan untuk menambahkan dau salam ke dalam masakan anda. Demikian artikel singkat tentang manfa'at daun salam untuk kesehatan dan kecantikan.

Bagikan ke

0 Komentar