Manfa’at kacang hijau bagi tubuh – Kacang hijau sudah sangat di kenal di Indonesia. Meski bukan sebagi makanan pokok, tapi kacang hijau biasa di olah menjadi bubur untuk di konsumsi. Kacang hijau yang mempunyai nama latin Vigna radiate ini masih satu rumpun dengan jenis kacang panjang, kacang polong, dan juga kedelai. Banyak sekali kandungan vitamin dan protein yang ada pada kacang hijau ini. Bahkan karena tingginya nilai rotein yang di kandungnya, kacang hijau menjadi makan para tentara untuk mencukupi kebutuhan protein dan energi mereka. Sehingga mereka mempunyai fisik yang kuat dan otak yang cukup cerdas. Kacang hijau mengandung beberapa zat yang sangat penting bagi tubuh kita. Yaitu  kaya akan vitamin, kaya protein, sumber mineral, omega 3, dan kaya akan serat.
Adapun manfa’at kacang hijau bagi tubuh kita sangatlah banyak, di antaranya adalah:



    kandungan kacang hijau, manfa'at kacang hijau untuk kesehatan
  • Membantu penyerapan nutrisi. Sebuah penelitian menyebutkan, kurangnya vitamin B1 akan membuat metablisme pada tubuh melambat. Hal tersebut mengakibatkan penyerapan nutrisi makanan pada tubuh akan berkurang. Maka kandungan vitamin B1 dan juga enzim-enzim yang active pada kacang hijau dapat mengatasi keadan ini dan membantu memperlancar metabolisme sehingga penyerapan nutrisi dapat berjalan secara maksimal.
  • Mencegah penyakit jantung. Kacng hijau mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan berjalan optimal. Kacang hijau juga membantu gerakperistaltik usus sehingga dapat mengurangi kotoran yangmenumpuk dalam usus, dan serat juga berperan membantu mengurangi kadar kolestrol yang terdapat dalam tubuh. Sehingga hal tersebut sangat bagus untuk membantu penyakit kardiovaskular seperti enyakit jantung dan stroke.
  • Mencegah anemia. Kacang hijau juga kaya akan kandungan zinc dan zat besi sehingga kacang hijau sangat efektif untuk mengurangi resiko anemia. Kacang hijau juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormone dan juga system kelenjar. Dan juga membantu untuk menjaga metabolisme tubuh.
  • Membantu pertumbuhan. Kacang hijau meiliki kandungan protein yang sangat lengkap sehinga mampu memvantu proses pertumbuhan tubuh dan pembentukan sel-sel tubuh. Yaitu sel-sel otot, otak,dan organ.


Adapun kandungan yang terdapat pada kacang hijau cukup lengkap. Semua kandunga itu ssangat baik untuk kesehatan tubuh kita agar selalu fit dn bugar. Di bawah ini adalah kandungan yang ada dalam kacang hijau:


    kacang hijau, manfa'at kacang hijau, kandungan vitamin kacang hijau
  • Kaya vitamin. Kacang hijau mempunyai kandungan asam folat sebesar 159 mg/100 gram, vitamin B1 0,2 / 100 gram. Bukan hanya itu saja, kacan hijau juga mempunyai kandungan riboflavin, B6, niasin, serta pantothenat yang berfungsi untuh membantu metabolisme dan juga organ tubuh.
  • Sumber mineral. Kacang hijau juga sangat kaya akan mineral. Dalam 100 grm kacang hijau mengandung potassium sebesar 266 mg, mangan 48 mg, fosfor 99 mg, kalsium 27 mg, zat besi 1,4 mg, magnesium 0,3 mg, selenium 2,5, dan zinc 0,8 mg.
  • Kaya protein. Kacang hijau juga sangat baik sebagai protein alternative  untuk para vegetarian. Protein yang terkandung dalam 100 grm kacang hijau adalah sebesar  7 grm. Profil asam amino yang terdapat pada protein kacang hijau juga sangat cepat ntuk dapat di serapoleh tubuh. Protein sangat berguna dalam berperan membentuk sel-sel pada otot, mempercepat pemulihan, memperkuat daya tahan tubuh, dan membantu anda merasa kenyang.
  • Kaya akan serat. Kandungan serat yang terdapat pada 100 grmkacang hijau adalah 7,6 grm. Jumlah ini ternyatadapat mencukupi kebutuhan serat harian tubuh yang berjumlah 30%.  Serat sangat berguna untuk membanatu system pencernaan, mencegah sembelit, dan dapat menurunkan kolestrol.
  • Omega3. kacang hijau juga sangat kaya akan omega3. dalam 100 grm kacang hijau, terdapat 0,9 omega3. asam lemak esensial yang trkandung dalam omega3 berguna untuk menurunkankadar kolestrol dan membantu untuk menjaga kesehatan jantung anda.


Nah, itulah beberapa manfa’at dan khasiat kacang hijau bagi kesehatan tubuh anda. Jika anda sudah tahu manfa’at apa saja yang di kandungnya, mungkin anda layak memasukan kacang hijau dalam menu diet harian anda. Karena kndungan zat dan vitamin yang ada padi si kecil hijau ini, tak sekecil bentuk aslinya. Semoga artikel singkat ini membantu untuk menambah wawasan anda dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Demikian artikel singkat tentang manfa'at kacang hijau.

Bagikan ke

0 Komentar