Manfa'at Susu Kedelai Untuk Kesehatan - Susu kedelai sudah di kenal sejak lama memiliki berbagai kandungan yang brmanfa'at untuk tubuh, gak kalah dengan susu sapi. Jika dalam satu gelas susu sapi mengandung 8 gram protein, 12 gram karbohidrat, vitamin, mineral dan juga lemak. Maka dalam secangkir susu kedelai yang belum di torfikasi(masih murni) terdapat 7 gram protein, 4,5 gram lemak, 4 gram karbohidrat dan yang pasti tanpa kolestrol. Adapun beberapa hasiat susu kedelai untuk kesehatan antara lain:

manfa'at susu kedelai
MENURUNKAN KOLESTROL
Asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda dalam susu kedelai mampu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Berbeda dengan susu sapi yang mengandung lemak jenuh yang tinggi, susu kedelai terkenal akan kandunganya yang non-kolstrol. Sebuah penelitian menyebutkan, mengkonsumsi asupan kedelai secara rutin mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah dengan signifikan.

MENURUNKAN BERAT BADAN
Meminum susu kedelai akan memberikan perasaan kenyang lebih lama. Kandungan kalori dalam secangkir susu kedelai yang hanya 7 gram sangat jauh berbeda dengan jumlah kalori yang ada pada secangkir susu sapi yang mencapai 12 gram. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dala susu kedelai juga mampu menghambat penyerapan lemak oleh usus, sehingga mengkonsumsi susu kedelai dapat membantu anda yang sedang menjalani program diet.

MENCEGAH KANKER PROSTAT
Pada susu kedelai kaya akan hormone phytoestrogen, yaitu hormone pada tanaman yang dapat menghambat produksi hormone testosteron pada pria. Sehinggan kadar testosterone yang berkurang dapat mencegah terjadinay kenker prostat pada pria. Sebuah penelitiantelah membuktikan, pria yang secara rutin mengkonsumsi susu kedelai kemungkinanya sangat kecil dapat terserang kanker prostat.

MENOPOUSE LEBIH NYAMAN.
Waktumasa menopause, hormon esterogen pada wanita menurun drastis. Penurunan yang signifikan ini dapat menimbulkan beberapa penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, juga obesitas. Apalagi wanita di masa ini juga rentan mengalami depresi, cepat marah, dan gangguan psikologis lainya. Kandungan phytosterogen dalam kedelai ternyata mampu menggantikan hormone esterogen tersebut. Hingga anda dapat menjalani masa menopause anda dengan lebih nyaman.

MENCEGAH OSTEOPOROSIS
Kandungan phytoestrogen yang ada pada susu kedelai juga dapat membantu penyerapan kalsium oleh tubuh dan dapat membantu mencegah hilangnya masa tulang. Tapi untuk mendapat hasil yang maksimal, pastikan anda membeli susu kedelai yang telah mengandung vitamin D di dalamnya. Sekarang ini banyak sekali produksi susu kedelai dengan tambahan vitamin di dalamnya.

susu kedelai
SUMBER PROTEIN
Susu kedelai memiliki kandungan protein yang tidak kalah dengan susu sapi. Hebatnya lagi, susu kedelai mengandung protein nabati yang sangat membantu untuk mencegah kerapuhan tulang belakang akibat osteoporosis. Maka konsumsilah susu kedelai tia hari agar anda aman dari ancaman osteoporosis.

BAIK UNTUK KESEHATAN HATI
Kandungan lemak jenuh dalam susu kedelai sangat rendah, terutama lemak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda sehingga baik untuk kesehatan hati anda. Susu kedelai juga non-kolestrol sehingga sangat baik di konsumsi oleh siapa saja bahkan bagi penderita koroner.


TIDAK MENGANDUNG LAKTOSA
Susu kedelai tidak mengndung laktosa, maka susu kedelai bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengganti susu sapi bagi mereka yang anti laktosa.

ALTERNATIVE UNTUK BAYI PENDERITA GALAKTOSEMIA
Galaktosemia adalah sebuah kelainan yang terjadi karena kadar glatsa yang tinggi di dalam darah. Biasanya bayi yang mengalami kelainan ini akan menunjukan gejala seperti diare, kembung, kejang perut, hingga gejala keracunan dan ginjal yang cukup parah. Kelainan itu yang menybabkan bayi tidak toleran dengan susu. Tapi susu kedelai dapat di gunakan sebagai alternative bagi bayi yang mengalami kelainan tersebut.

TIDAK MENYEBABKAN ALERGI
Susu kedelai juga tidak menyebabkan alergi karena bebas dari kandungan kacang, kasein, gluten, dan MSG.

BAIK UNTUK JANTUNG
Susu kedelai mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal dan kadar lemak tak jenuh ganda sangat tinggi dengan kandungan lemak jenuh yang sangat sedikit. Dan lagi kandungan susu kedelai yang non-kolestrol menjadikanya sangat baik untuk kesehatan jantung anda.

MENCEGAH DIABETES MELETUS
Susu kedelai memiliki kandungan asam amino Glisin dan asam amino Arigin, sehingga mampu menjaga keseimbangan hormon insulin. Karena itu susu kedelai mampu mencegah penyakit diabetes meletus, karena diabetes meletus terjedi di karenakan tubuh kekurangan insulin. Yang dampaknya mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, air, protein, dan juga elektrolit. Kandungan protein yang terdapat ada susu kedelai juga lebih mudah di terima oleh tubuh dari pada susu hewani. Karena itulah penderita diabetes meletus sangat di sarankan untuk mengkonsumsi susu kedelai ini.

MINUMAN BAGI VEGETARIAN
Vegetarian adalah orang-orang yang tidak memakan segala hal yang berasal dari hewan. Seperti telur, daging, dan susu sapi. Tapi pada kenyataanya, tubuh manusia teta membutuhkan berbagai protein dan zat yang terkandung dalam makan tersebut. Untuk mengatasi hal ini, para vegetarian bisa mengkonsumsi susu kedelai. Karena nilai protein dan gizinya tak kalah dengan susu sapi.

MENCEGAH KANKER
Susu kedelai mengandung banyak sekali mineral seperti isoflavon, asam amino triptopanE, dan selenium. Selenium sendiri adalah antioksidan yang terkandung dalam susu kedelai yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas penyebab kanker. Selain selenium, anti oksidan yang lain yang terkandung dalam susu kedelai adalah genistein dan vitamin E yang terbukti mampu mencegah kanker.

MENCEGAH PENUAAN DINI
Meski menjadi tua adalah hal yang pasti bagi manusia, tapi penuaan dini adalah hal yang kurang wajar yang di akibatkan oleh adanya radikal bebas dalam tubuh. Susu kedelai bisa menjadi menu tambahan yang sempurna karena susu kedelai mengandung antioksidan yang terbuktisangat ampuh untu k melawan penuaan dini.


Ternyata begitu banyak hasiat yang terkandung dalam susu kedelai ini. Susu yang biasa kita minum mungkin adalah susu sapi, susu kedelai jarang sekali di lirik. Masih kurang popular di banding susu sapi. Tapi denga adanya info ini, semoga pendapat anda tentang hasiat susu kedelai berubah dan mengkonsumsinya dengan rutin bagi anda yang membutuhkanya untuk melawan segala penyakit yang anda cemaskan. Semoga info singkat ini dapat membantu anda. Demikian artikel singkat tentang Manfa'at susu kedelai untuk kesehatan

Bagikan ke

0 Komentar