Manfa'at Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Buah tomat memang tak asing lagi bagi anda kan? Buah yang masuk dalam kategori sayuran ini sering ita jumpai dalam masakan atau kita jus atau bahkan kita makan secara langsung. Kandungan vitamin A dan vitamin C yang ada pada buah tomat juga sangat baik untuk kesehatan dan kaecantikan loch. Tomat yang mengandung senyawa Lycopene dapat berfungsi sebagai anti oksidan dan tabir surya alami. Dengan seringnya mengkonsumsi tomat dapat menghindarkan anda dari terjadinya radikal bebas. Menggunakan tomat sebagai maser juga dapat berguna untuk merawat kecantikan anda. Tomat dapat berfungsi untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, Meghilangkan komedo, dan membuat wajah lebih segar. Dan berikut ini adalah daftar manfa'at bua tomat ntuk kesehatan dan kecantikan.

Hasiat Tomat untuk Kecantikan

Dapat menghilangkan jerawat. Tomat dapat di gunakan untuk membantu menghilangkan jerawat. Caranya dengan membelah buah tomat dan menempelkan bagian dalam dari tomat yangdi belah tadi pada jerawat. Atau jika jerawat anda terlalu banyak, anda bisa melumatkan tomat tersebut dan mengoleskanya pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama satu jam lalu bilas dengan air hinga bersih. Lakukan langkah ini secara rutin tiap hari maka jerawat anda akan berkurang. Tapi anda juga harus mendukungdengan selalu menjaga kebersihan wajah anda dan menghindri makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat.
Dapat mengecilkan pori-pori. Buah tomat juga dapat di gunakan untuk mengecilkan pori-pori. Caranya ambil buah tomat lalu lumatkan hingga halus, kemudian tambah beberapa tetes jeruk nipis campur hingga rata. Lalu oleskan pada kulit wajah dan bagian leher secara merata, diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih.
Mencerahkan kulit wajah. Ambil buah tomat kemudian lumatkan sampai halus. Campur dengan madu hingga adonan menjadi terlihat kental, lalu oleskan pada wajah anda. Biarkan selam 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.
Melembabkan kulit kering. Buah tomat juga dapat berfungsi sebagai pelembab alami bagi kulit yang mengalami masalah kerin dan gatal. Caranya lumatkan buah tomat hingga lembut dan tambahkan yougurt murni secukupnya kemudian oleskan pada kulit wajah yang mengalami masalah kekeringan dari wajah sampai leher hingga merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas engan air hingga bersih.
Sebagai astringent. Bagi anda yang memiliki masalah minyak berlebih pada wajah, anda juga dapat memanfa'atkan buah tomat ini. Caranya adalah lumatkan buah tomat hingga halus lalu saring, kemudian campur dengan jus mentimun. Oleskan pada kulit wajah hingga merata, Lakukan langkah ii secara rutin maka dapat mengurangi jerawat dan kelebihan minyak pada wajah anda.


Buah tomat juga memiliki beberapa kandungan yang juga sangat baik fungsinya untuk kesehatan. Adapun manfa'at buah tomat untuk kesehatan antara lain..

Tomat mengandung anti oksidan. Dalam buah tomat terkandung Vitamin A dan C serta Lycopene dan betacarotene yang cukup tinggi dan sangat berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh.
Mencegah kanker. Kandungan senyawa Lycopene yang terdapat pada buah tomat juga d percaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker usus besar, kanker prostate, dan kanker perut. Untuk medapatkan zat Lycopene yang lebih kaya, anda harus memasak tomat yng anda makan terlebih dahulu. Karena kandungan lycopene pada tomat yang telah di masak terbukti lebih besar dai pada tomat yang tidak di masak.
Untuk kesehatan mata. Kandungan Vitamain A yang cukup tinggi pada tomat juga dapat membantu menjagakesehatan mata dan menghindari kemungkinan penyakit rabun senja.
Baik untuk jantung. Tomat juga memiliki kandungan kalium dan vitamin B yang sangat bagus untk menurunkan kolestrol dan mengurangi tekanan darah dalam tubuh, sehingga tentu akan berdampak sangat baik bagi jantung anda. Dan hal ini juga dapat membantu anda untuk terhindar dari ancaman stroke.
Menguatkan tulang dan gigi. Dalam buah tomat juga kaya akan kandungan kalsium dan vitamin K sehingga sangat bagus untuk membantu menguatkan tulang dan juga gigi.
Menyehatkan rambut. Vitamin A yang terkandung dalam buah tomat juga sangat bermanfa'at untuk membantu kesehatan rambuat anda.

Tomat bisa anda konsumsi dengan di masak, di jus, atau di makan secara langsung. Adapun hasiat tomat jika anda mengkonsumsinya sebagai jus adalah sebagai berikut..


Jus Tomat. Jus tomat berhasiat untuk menangkal terjadinya Radikal bebas dalam tubuh.
Campuran Jus tomat dan Strowberry. Campuran us tomat dengan buah strawberry dapat membantu fikiran lebih rileks hingga dapat mengatasi stress.
Campuran jus Tomat dan Wortel. Campuran antara jus tomat dan wortel sangat bagus manfa'atnya untuk kesehatan mata. Ini sangat cocok bagi andsa yang sering bekerja didepan komputer. Agar rasanya lebih nikmat, anda dapat menambahkan sedikit air jeruk nipis atau air lemon.
Campuran Jus Tomat dan Pepaya. Berhasiat mampu mencegah terjadinya penuaan dini dan resiko penyakit kanker.
Campuran Jus Tomat, Belimbing, dan Apel. Sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda. Dapat menstabilkan tekanan darah, dan juga dapat menstabilkan kadar kolestrol dalam darah anda.


Nah.. demikianlah beberapa hasiat buah tomat bagi kesehatan dan kecantikan. Ternyata buah yang lebih kita kenal sebagai sayur ini memilik banyak sekali manfa'at dan hasiat yang sangat banyak dan tak kita ketahuai. Semoga dengan adanya artikel singkat ini, dapat menambah wawasan anda tentang manfa'at buah, sayur, dan segala tumbuhan alami di sekitar anda. Semoga info sintgkat ini bermanfa'at. Demikian artikel singkat tentang Manfa'at Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Bagikan ke

0 Komentar