Mungkin dalam mengahadapi Ujian Nasional terkadang kamu takut dan ngerasa terbebani. Padahal tujuan Ujian Nasional bukan untuk menakut-nakuti lho,tapi untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa menyerap pelajaran yang diberikan selama di sekolah.
Nah, biar tenang dan nyantai menghadapi Ujian Nasional,news.negridongeng.com ngasih beberapa tips yang bermanfaat buat kamu-kamu sob Sebelum menghadapi Ujian Nasional


1 . Persiapkan diri kamu secara fisik dan mental. Jaga kesehatan dan motivasi diri kamu untuk sukses dalam Ujian.


2.Atur dan tingkatkan metode belajar kamu. Jadwalkan waktu belajar kamu dan cari metode belajar yang cocok. Kamu bisa belajar bareng teman atau kelompok belajar atau ikut les atau kursus untuk meningkatkan kemampuan. Ingat lho, kurangi waktu bermain saat mau menghadapi ujian.


3.Cari tahu format Ujian Nasional dan carilah kopian ujian nasional yang lalu. Kamu boleh gunakan Internet untuk memilih dari begitu banyak contoh-contoh soal UN. Dengan ini kamu bisa mendapat gambaran tentang soal ujian yang akan diberikan nanti. Jadi kamu bisa melatih menjawab dulu di rumah.


4.Latihlah diri kamu menjawab soal - soal ujian dan uji kemampuan kamu dengan mencocokkan dengan jawaban yang benar.


5.Pelajari setiap latihan soal yang diberikan dari bimbingan belajar. Karena selain sekolah yang punya kisi - kisi UNAS itu adalah hampir semua bimbingan belajar. Pasti mereka pengen setiap yang ikut bimbingan belajarnya sukses UNAS dan membuat reputasi bimbingan belajar itu jadi baik.


6.Buatlah catatan kecil. Maksudnya bukan catatan untuk contekan, tapi buat diingat dimana saja. Catatan ini bisa berupa secarik kertas atau apapun. Yang penting bisa dibawa kemana-mana.


7. Istirahat yang cukup setiap malam biar kamu fit pada hari ujian.


8. Berdoalah setiap saat,agar semua persiapansesuai yang diinginkan.


Saat Ujian:


1. Datanglah lebih awal ke tempat ujian, biar nggak tergesa-gesa dan punya waktu cukup untuk memulai ujian.


2. Tenanglah. Hadapi dengan santai tapi serius. Hilangkan pikiran mendapatkan nilai asal lulus, tanamkan di pikiranmu kalaui nilai UN ituharus bisa dapat yang tertinggi. Berdoalah agar diberikan ketenangan saat menghadapi ujian.


3. Bacalah terlebih dahulu instruksi atau perintah ujian dan tanyakan kepada pengawas jika ada yang kurang jelas.


4. Dahulukan mengisi soal-soal yang lebih mudah,agar kamu dapat menggunakan waktu ujian yang diberikan dengan efisien.


5. Isilah lembar jawaban dengan hati-hati, agar menghindari kesalahan pengisian yang dapat membuang waktu kamu.


6. Kalau masih ada waktu setelah kamu selesai mengisi soal, periksalah kembali jawaban kamu untuk mengoreksi kalau masih ada yang salah.
Selamat belajar sob.. dan sukses ya buat Ujian Nasionalnya.Hehehe..

Bagikan ke

0 Komentar