Khasiat Jahe untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan – Jahe sudah biasa kita kenal sebagai penghangat tubuh yang dapat kita buat minuman ketika cuaca dingin. Begitu banyak khasiat jahe ini yang sudah di kenal dari generasi ke generasi, itu semua di buktikan dengan jahe yang masih eksis hingga sekarang pada jamu dan obat-obatan tradisional. Sebuah penelitian menyebutkan, dalam jahe terkandung 1% - 4% minyak atsiri dan oleoresin. Tapi kandungan minyak yang terkandung di dalam jahe juga di pengaruhi kondisi geografis di mana jahe itu di tanam. Kandungan yang kaya pada jahe membuatnya sering di gunakan sebagai obat peluruh dahak, obat batuk, peluruh keringat, pereda masuk angina, meredakan mual, dan juga dapat meredakan diare, Lalu, apa saja sih sebenarnya khasiat yang terkandung dalam jahe? Nah, berikut ini saya coba jelaskan beberapa khasiat jahe untuk kecantikan dan kesehatan tubuh anda..


jahe
Menyembuhkan Rematik. Jahe juga dapat di gunakan sebagai obat rematik. Kandungan yang ada pada jahe sangat bermanfa'at untuk membantu meredakan rematik. Adapun caranya adalah sebagai berikut: Ambil satu atau dua rimpang ruas jahe, panaskan di atas bara api kemudian tumbuk. Lalu tempelkan tumbukan jahe tadi pada tempat yang terkena nyeri rematik.
Mengobati Masuk Angin. Jahe juga dapat di gunakan sebagai obat masuk angina. Caranya adalah: Siapkanlah jahe yang besarnya sebesar ibu jari, cuci hingga bersih kemudian di memarkan atau bisa juga di parut. Lalu rebuslah dengan 2 gelas air di tambah gula jawa atau gula aren secukupnya, biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu tiriskan tunggu hingga dingin, ketika sudah hangat segera minum dalam keadaan hangat. Nah, jahe akan memberi efek yang menghangatkan tubuh sehingga dapat membantu meringankan masuk angin.
Mengobati Flu/Pilek. Jahe juga dapat di gunakan untuk meredakan penyakit flu atau pilek. Adapu caranya adalah sebagai berikut: Siapka jahe segar sebanyak 500 gram, Kemudian iris dan rebus dalam air panas kurang lebih selama 20 menit. Lalu tambahkan gula merah 100 gram. Minumlah ramuan tersebut sebanyak 4-5 kali sehari.
Mengobati sakit kepala dan migraine. Jahe juga berkhasiat dsapat menyembuhkan sakit kepala dan juga migraine(Sakit kepala sebelah). Adapun caranya adalah sebagai berikut: Ambil ruas jahe sebesar ibu jari lalu cucilah hingga bersih. Kemudian bakarlah jahe lalu di memarkan dan seduh dengan segelas air. Tambahkan gula jawa atau gula aren secukupnya lalu di minum 3 kali sehari secara teratur.
Membantu Atasi Mabuk Kendaraan. Jahe juga sangat ampuh untuk membantu mengatasi mabuk kendaraan. Adapun caranya adalah sebagai berikut: SAiapkan jahe yang sebesar ibu jari, cucilah hingga bersih dan iris tipis-tipis. Kemudian rebuslah dengan segelas air dan minum selagi hangat. Lakukan langkah ini 30 menit sebelum melakukan perjalan.
Menyembuhkan keseleo, Terkilir, dan Kram. Jahe juga bermanfa'at untuk membantu menyembuhkan luka keseleo, terkilir, atau kram. Adapun caranya sebagai berikut: Ambil kurang lebih dua ruas jahe, kemudian cuci hingga bersih. Parut jahe tadi dan tambahkan dengan sedikit garam, kemudian oleskan pada tempat yang sakit tadi. Lakukan ini dengan rutin sebanyak 2 kali sehari.
Mengobati Nyeri Pinggang dan Punggung. Jahe ternyata juga berhasiat membantu mengobati nyeri pinggang dan nyeri punggung. Adapun caranya adalah sebagai berikut: Siapkan jahe secukupnya kemudian rebus dengan air. Tambahkan sedikit garam dan air cuka ke dalamnya. Kemudian tiriskan. Setelah air terasa hangat, ambil handuk dan rendam ke dalam air jahe tadi, kemudian kopreskan handuk tadi ke tempat yang sakit. Lakukan langkah ini beberapa kali. Hal ini dapat membantu untuk melemaskan otot-otot dan memperlancar peredaran darah sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit.
Mengobati Serangan Cacing Gelang. Jahe juga dapat di gunakan untuk membantu mengobati orang yang menderita serangan cacing gelang. Adapun caranya adalah: siapkan 60 gram jahe yang masih segar, lalu cuci hingga bersih. Lumatkan jahe tadi dan campur dengan segelas air kemudian saring. Tambahkan satu sendok makan madu asli dan minum secara teratur 3 kali sehari.




Ternyata, khasiat yang terkandung pada jahe bukan hanya berkhasiat untuk kesehatan saja. Tapi jahe juga memiliki banyak khasiat untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Kandungan yang ada pada jahe, banyak di gunakan oleh industri-industri kecantikan. Adapun khasiat jahe untuk kecantikan adalah sebagai berikut:


khasiat jahe
Mengobati Jerawat. Jahe dapat anda gunakan untuk membantu menghilangkan masalah jerawat pada wajah anda. Carnya cukup sederhana, yaitu cuci wajah anda dengan air jahe hangan pada waktu pagi dan malam hari secara teratur. Insya allah hal ini dapat menghilangkan jerawat anda secara alami dalam waktu 60 hari jikadi lakukan dengan rutin. Hal ini juga bermanfa'at untuk mengatasi masalah kulit kering dan bintik-bintik hitam.
Mengatasi Ketombe. Jahe juga dapat di gunakan untuk mengatasi ketombe pada rambut anda. Adapun cara dan langkah-lngkahnya adalah sebagai berikut: Cukup gosokan jahe mentah pada rambut, kemudian bilas dengan air jahe hangat. Hal ini juga dapat berfungsi untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok. Banyak sekali orang yang telah melakukan perawatan rambut sederhana ini khususnya di daerah tiongkok, dan hasil yang mereka dapatkan saangat baik.
Mengatasi bau kaki. Jahe juga dapat di unakan untuk mengatasi bau kaki. Adapun caranya adalah sebagai berikut: Siapkan jahe secukupnya lalu rebus hingga hangat. Tambahkan air cuka dan garam ke dalam air jahe hangat tadi, dan rendam kaki anda selama kurang lebih 15 menit. Kemudian keringkan menggunakan handuk setelah itu taburkan bedak talk.
Memontokan payudara. Bagi anda yang ingin terlihat seksi dan montok, jahe juga dapat membantu anda dalam menunjang penampilan anda itu. Jahe dapat di gunakan untuk memperbesar payudara anda. Adapun caranya sebagai berikut: Siapkan dua ruas jahe yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih. Kupas kulit jahe tersebut kemudian di parut, lalu masukan ke dalam segelas susu murni yang panas. Minumlah ramuan ini secara rutin menjelang tidur malam. Jika anda rutin, maka anda akan mendapatkan bentuk payudara yang montok, padat, dan berisi.

Ternyata dalam jahe memiliki khasiat dan kandungan yang tak bisa kita sepelekan. Rempah yang satu ini memang sangat tepat untuk di jadikan obat alternative pilihan. Selain karena harganya yang cukup murah, jahe juga sangat mudah di dapat. Atau bahkan jika anda ingin menanamnya, jahe takterlalu membutuhkan perawatan khusus. Semoga artikel singkat ini membantu menambah wawasan anda tentang obat-obat alternative yang lebih alami. Demikian artikel singkat tentang Khasiat Jahe untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Bagikan ke

0 Komentar