Manfa'at kopi bagi kesehatan – Bagi sebagian orang, meminum kopi hampir sudah menjadi hal wajib karena kebiasaan. Minuman yang di kenal pahit tapi khas ini memiliki begitu banyak penggemar sejati, dari orang kantoran sampai kalangan bangunan, dari pejabat atasan sampai rakyat kalangan bawahan, semua mayoritas suka kopi. Bisa di bilang, kopi sudah membumi da mendarah daging bagi tradisi di Indonesia ini. Tapi ada juga sebagian orang yang menghindari kopi karena alas an kopi tak baik untuk kesehatan. Eitss.. tunggu dulu.!! Tahan dulu prasangka negative anda, tak selamanya kopi itu berdampak negative. Buktinya, kopi memiliki banyak sekali manfa'at positive bagi kesehatan tubuh anda, tap dengan catatan konsumsi kopi jangan berlebihan. Cukup satu atau dua cangkir saja sehari, maka anda akan rasakan manfa'at dari kopi ini. Memang apasaja sih kelebihan dan khasiat kopi ntuk kesehatan? Nah, simak baik-baik keterangan berikut..


Mencegah timbulnya penyakit jantung dan stroke. Kandungan yang terdapat pada kopi di percaya dapat menghindarkan kita daripenyakit jantung atau bahkan stroke. Hal ini di perkuat dengan sebuah penelitian terhadap 83.000 wanita yang berumur rata-rata 24 tahun. Dalam riset tersebut, dibuktikan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi memiliki resiko 18% lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke daripada mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Dalam penelitian tersebut, rata-rata wanita itu mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi sehari.
Mencegah penyakit kanker dan diabetes. Dari riset yang di lakukan oleh para ilmuwan dunia menyebutkan bahwa penyakit kanker hati, kanker usus, dan kanker payu dara dapat di cegah dengan mengkonsumsi kopi. Ada juga studi lain yang menyebutkan bahwa kopi juga dapat mengurangi tingkat gula darah yang ada pada penderita diabetes, di karenakan kandungan yang ada pada kopi dapat meningkatkat laju metabolisme dalam tubuh. Selain hal tersebut, kopi juga berkhasiat untuk mengurangi resiko penyakit serius lainya seperti batu empedu, jantung, penyakit parkinson, dansirosis hati serta lain sebagainya.
Mengurangi resiko kanker mulut dan melindungi gigi. Senyawa yang terdapat pada kopi dapat mengurangi resiko terjadinya kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel kanker. Kopi juga memiliki kandungan anti perekat dan anti bakteri yang dapat membantu masalah tentang kesehatan mulut. Termasuk infeksi gusi, gigi berlubang, dan pembentukan plak.
Sebagai pembangkit stamina dan energi ekstra. Zat kafein yang ada pada kopi akan bersaing dengan zat adenosine dalam tubuh kita. Zat adenosine sendiri adalah zat yang terdapat pada sel otak yang membuat orang dapat cepat tidur. Kandungan kafein juga dapat memperlambat gerak sel-sel dalam tubuh sehingga tidak mudah lelah dan mengantuk. Sehingga anda akan merasa lebih segar , tekanan darah naik, jantung berdetak lebih cepat, dan mata anda akan terang dan terbuka lebar.
Mengobati sakit kepala. Kandungan kafein dalam kopi dapat di gunakan untuk mengobati sakit kepala. Menurut sebuah penelitian, sakit kepala ringan dan migraine dapat di sembuhkan dengan mengkonsumsi kopi.


Nah, itulah beberapa khasiat kopi yang dapat saya sebutkan. Sebenarnya masih banyak khasiat-khasiat lain yang tak dapat saya sebutkan semua. Adapun ini hanya untuk bertujuan agar anda tidak berfikir negative saja tentang kopi, karena ternyata banyak juga manfa'at yang terkandung di dalamnya. Nah, cukup sekian info dari saya, semoga dapat menambah wawasan anda. Demikian artikel singkat tentang Manfa'at kopi bagi kesehatan.

Bagikan ke

0 Komentar