Manfa'at minyak zaitun - Minyak zaitun mungkin masih asing bagi sebagian besar dari kita. Minyak zaitun adalah minyak yang di hasilkan dari buah zaitun. Minyak ini bisa di gunakan untuk memasak, keperluan kosmetik dan sebagai obat herbal. Manfa’at dari minyak zaitun sendiri telah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Minyak zaitun mengandung banyak vitamin, di antaranya vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan berbagai macam zat mineral seperti, kalsium, zat besi, sodium dan juga potasium. Inilah yang membuat minyak zaitun mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan Dalam  sebuah studi penelitian yang dipublis oleh majalah Lanst, mengungkapkan bahwa negara Albania yang sebagian besar penduduknya muslim, mempunyai tingkat kematian yang sangat rendah dibandingkan dengan negara lain. Ini di karenakan masyarakat Al-bania mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minyak zaitun.

manfa'at minyak zaitun, khasiat minyak zaitunManfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Menghentikan Rasa Nyeri
Kandungan oleokantal yang terkandung pada minyak zaitun dapat mencegah radang, mirip penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat anti radang lainnya. Minyak zaitun juga dapat di gunakan untuk obat oles pada luka lecet, luka sobek, atau gangguan yang berisiko dapat menimbulkan radang, bengkak, dan juga nyeri.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Kandungan antioksidan nabati yang ada pada minyak zaitun juga sangat tinggi sehingga dapat menurunkan resiko Penyakit Jantung. Cukup dengan hanya dengan meminum 2 sendok makan tiap hari, maka  akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Mencegah Pikun
Kandungan zat Asam lemak tak jenuh tunggal di dalam Minyak Zaitun juga berfungsi untuk menjaga struktur sel dan membran di dalam otak, sehingga dapat membantu mencegah hilangnya ingatan.

Menghilangkan Artritis
Minyak zaitun juga mengandung Prostaglandin yang dapat bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan pada tulang. Caranya ialah di konsumsi dalam campuran makanan sehari-hari, sehingga akan membuat antinyeri dengan melumasi persendian dan juga mencegah pembengkakan. Atau bisa juga dengan mengoleskan minyak zaitun ini pada nyeri otot atau nyeri sendi.

Mencegah Osteoporosis
Minyak zaitun juga dapat membantu penyerapan kalsium yang di perlukan tubuh untuk mencegah pengeroposan pada tulang.

Mencegah Diabetes
Kandungan minyak zaitun berupa lemak tak jenuh tunggal. Sehingga minyak zaitun juga bermanfaat untuk dapat menurunkan kadar gula dalam darah serta risiko diabetes tipe 2.

Mampu Melawan Kanker
Minyak zaitun di percaya dapat mereduksi kerusakan sel (kerusakan ini dapat memicu penyakit kanker). Fenol yang terdapat dalam minyak zaitun extra virgin dapat bertindak sebagai antioksidan yang mencegah penyakit untuk menghambat proses terjadinya kanker ; dan kandungan asam oleat yang ada pada minyak zaitun di perkirakan dapat mencegah penyebaran tumor.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

minyak zaitun untuk kecantikan
Sebagai Pelembab wajah
Kandungan zat linoleic acid pada minyak zaitn, mampu menjaga air agar tidak menguap. Sehingga, zat ini sangat baik untuk di gunakan sebagai pelembab pada kulit yang kering atau mulai berkeriput. Caranya adalah: Oleskan minyak zaitun pada wajah sambil dipijit ringan kurang lebih selama 10 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Scrub alami untuk kulit tubuh
Adapun caranya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan garam kasar, untuk dapat  membuat scrub alami. Selain dapat membantu pengelupasan sel-sel mati, pemakaian minyak zaitun pada tubuh juga bisa membuat kulit tampak lebih cerah.

Merawat kesehatan kulit
Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ketika sedang mandi. Kulit tubuh anda  akan selalu terjaga kelembabannya dan akan terlihat lebih bercahaya.

Sebagai penyubur rambut
Minyak zaitun juga bisa membantu menyuburkan rambut anda supaya rambut terlihat lebih hitam dan lebat. Adapun caranya, cukup di campurkan pada shampo yang anda gunakan lalu bilas sampai bersih.

Perawatan Tangan dan kuku
Caranya adalah, dengan mencampur satu sendok makan minyak zaitun dan air hangat untuk merendam tangan selama 1 minggu sekali. Kebiasaan ini bisa membuat kulit tangan anda dan sekitar kukun menjadi lembut.

Untuk Perawatan Kaki
Kaki anda pecah-pecah atau kasar?  Bisa di atasi dengan minyak zaitun. Caranya dalah denga mengoleskan minyak zaitun pada telapak kaki dan area sekitar pergelangan kaki. Kemudian bungkus dengan kaus kaki dan kenakanlah selama anda tidur pada malam hari. Kemudian bersihkan kaki anda di pagi harinya. Tips ini bisa juga  dilakukan pada tangan. Lakukanlah secara rutin selama kurang lebih satu bulan untuk hasil yang maksimal.



Nah, demikian artikel yang bisa saya sampaikan ke pada anda tentang minyak zaitun dan manfa’atnya untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga tips dan informasi ini bermanfa’at bagi anda. Demikian artikel singkat tentang  Manfaat minyak zaitun

Bagikan ke

0 Komentar