Manfa'at buah pisang – buah pisang adalah buah yang banyak di jumpai di Indonesia, hampir di seluruh kawasan Negara ini, buah pisang dapat tumbuh. Buah pisang kadang juga di kenal dengan nama buah kampung, karena mayoritas tumbuhnya di daerah perkampungan. Tapi apakah anda tahu? Buah yang katanya buah kampung ini memiliki banyak sekali kelebihan. Selain dapat tumbuh di segala musim, hasiat yang di kandungnya pun tidak bisa di nilai sembarangan. Lalu apa saja sih manfa'at buah pisang ini bagi kesehatan kita?



Baik untuk mood. Ternyata kandungan triptofan yang ada pada buah pisang sangat baik untuk meningkatkan suasana hati den membuat orang lebih bahagia. Hal ini dapat mengurangi tingkat depresi pada seseorang. Dan ini adalah salah satu manfa'at pisang yang dapat di andalkan.
Mengatasi sembelit. Kandungan serat yang kaya pada pisang sangat membantu untuk mengatasi sembelit. Pisang juga kaya akan kalium yang dapat membantu mengembalikan elektrolit yang hilang karena diare.
Mengurangi nyeri haid. Vitamin B6 yang ada pada pisang mampu membantu regulasi kadar glukosa dalam darah dan juga perubaha suasana hati. Sehingga pisang juga dapat bermanfa'at untuk mengurangi rasa nyeri akibat haid.
Memperkuat tulang. Zat fructooligosaccaride dalam biah pisang juga sangat berguna untuk membantu tubuh agar lebih mudah menyerap berbagai kalsium dari berbagi sumber. Sehingga buah pisang juga sangat baik untuk memerkuat tulang anda.
Menyehatkan ginjal. Senyawa zat fenolik antioksidan yang terdapat ada buah pisang juga memiliki kemampuan untuk menghalau penyakit ginjal. Sehingga menambahkan buah pisang ke dalam menu diet anda adalah sebuah pilihan yang sangat tepat.
Mengatasi hipertensi. Kadar kalium yang cukup tinggi serta natrium yang rendah pada buah pisang, juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.
Membantu berhenti merokok. Zat nikotin yang ada pada rokok membuat anda kecanduan dan mebuat usaha anda untuk berhenti merokok sangat sulit. Maka kandungan zat kalium dan juga magnesium yang ada pada pisang mampu membantu melawan efek kecanduan nikotin. Sehingga pisang dapat membantu anda yang ingin berhenti merokok.
Mencegah iritasi lambung. Buah pisang mampu mengurangi kadar asam pada lambung. Sehingga buah ini mampu membantu gejala penyakit tukak maag. Pisang membantu lambung untuk memproduksi mukus kental sehingga mampu melindungi lambung dari asam. Selain itu pisang juga dapat membantu menghilangkan bakteri patogen yang dapat menyebabkan ulkus.
Meningkatkan kadar zat besi. Pisang mempunyai kandungan zat besi yang tinggi, sehingga buah ini sangat baik bagi ada yang mengalami gangguan anemia. Kerena pisang akan membantu memproduksi jumlah hemoglobin yang optimal pada tubuh, sehingga hal tersebut dapat mempercepat proses pembekuan darah ketika terjadi cedera.
Meningkatkan konsentrasi. Kandungan kalium yang melimpah pada buah pisang dapat meningkatkan kemampuan otak untuk lebih konsentrasi baik pada anak-anak ataupun orang dewasa. Anak-anak yang biasa mengkonsumsi pisang terbuktimempunyai daya konsentrasi yang lebih kuat.
Mengurangi efek mabuk. Bahan aktif yang terkandung dalam buah pisang mampu membantu tubuh untuk menyuplai kembali vitamin yang di butuhan oleh tubuh. Sehingga hal tersebut dapt membantu unk menghilangkan mabuk.

Dan masih ada banyak lagi manfa'at pisang yang tak bisa saya sebutkan satu persatu. Intinya, ternyata buah yang di kenal dengan buah kampung ini memiliki khasiat yang tak sekampungan namanya. Jadi jangan remehkan buah yang satu ini ya. Mungkin ada orang yang tak suka mengkonsumsi pisang karena beberapa factor, tapi saya harap setelah anda membaca artikel ini anda menjadi suka makan buah pisang. Demikian artikel singkat tentang manfa'at buah pisang.

Bagikan ke

0 Komentar