Manfa’at Propolis – Propolis? Apa itu? Hmm.. pasti bagi sebagian besar dari kita masih sangat asing dengan nama ini. Nah, itulah gunanya saya tulis artikel ini. Tentunya untuk berbagi info mengenai propolis ini. Propolis adalah sebuah zat yang di hasilkan oleh lebah yang bersifat seperti lem, biasanya zat propolis ini di gunakan di pintu masuk sarang lebah guna menghalau serangan virus serta bakteri yang dapat membahayakan ratu dan larva-larva lebah yang ada di dalam sarang agar sarang lebih steril. Propolis biasanya di hasilkan dari tunas dari pohon tertentu yang di kumpulkan lebah, kemudian lebah mencampurnya dengan bahan resin  dengan sekresi saliva dan lilin dan di gunakan untuk mensterilkan pintu masuk sarang mereka.  Propolis ini mempunyai kandungan senyawa fenolik, yaitu semacam flavonoid yang mampu untuk melakukan kegiatan biologi seperti anti bakteri, antai inflamasi, anti alergi,  serta vasodilatory atau pelebaran pembuluh darah yang efeknya mampu meningkatkan aliran darah serta menurunkan tekanan darah. Bahkan saking ampuhnya propolis dalam menghalau bakteri, para ilmuwan pernah menemukan seekor tikus mati yang terjebak di sarang lebah selama 5 tahun tapi keadaanya tidak membusuk sama sekali. Wow..!! menakjubkan bukan? Nah, di bawah ini saya akan coba mengupas apa saja manfa’at propolis tersebut untuk kesehatan tubuh kita.
propolis, manfa'at propolis

  • Menjadi anti bakteri. Propolis terbukti ampuh untuk dui jadikan anti fungal, anti bakteri, dan anti virus yang relative tak memiliki efek samping.
  • Mengobati penyakit karena virus. Propolis juga terbukti mampu mengobati berbagai penyakit yang di sebabkan oleh virus. Seperti Flu, TBC, demam berdarah, dan penyakit lainya.
  • Mengobati penyakit karena bakteri. Propolis juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit yangdi sebabkan oleh bakteri. Seperti sakit thypus, muntaber, dan juga keputihan karena bakteri.
  • Mengobati penyakit yang di sebabkan oleh jamur. Propolis juga dapat mengatasi penyakit yang di sebabkan oleh jamur seperti panu, keputihan yang di akibatkan oleh jamur, ketombe, dan lain sebagainya.
  • Obat luka dan peradangan. Propolis juga sangat ampuh untuk mengiobati peradangan dan luka yang di sebabkan oleh luka baker atau luka biasa. Propolis juga dapat di gunakan untuk mengobati radang tenggorokan, radang ginjal, maag, dan lain sebagainya.
  • Dapat mengobati kanker. Propolis juga dapat di gunakan untuk mengobati kanker, kista, mutagenesis sel, mium, dan lain sebagainya.
  • Membersihkan darah. Propolis juga mampu berfungsi sebagai pembersih darah dan  detoksifikasi, sehingga sangat ampuh untuk mengatasi gangguan kolestrol, darah tinggi, trigliserin, diabetes meletus, stroke, jantung, dan asam urat.


Dalam propolis terdapat kandungan yang sangat bermanfa’at bagi tubuh kita di antaranya adalah:

  • Vitamin A, B, C, D, E.
  • Mengandung 6 asam amino yang sangat di butuhkan tubuh untuk proses regenerasi sel.
  • Mengandung semua mineral di dalamnya, kecuali zat sulfur.
  • Mengandung Bioflavonoid, yaitu zat dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghalau radikal bebas.

Bahkan ada sebuah penelitian bahwa dalam satu tetes propolis itu mempunyai kandungan Bioflavonoid yang setara dengan 500 butir jeruk. Sangat menakjubkan sekali bukan? Nah, terkadang yang di kandung oleh alam emang memiliki khasiat luar biasa yang tak dapat kita bayangkan sebelumnya. Bahkan bisa di bilang di luar perkiraan akal. Tapi ya.. itulah alam. Allah menciptakan segala yang ada di alam mempunyai manfa’at bagi manusia. Tinggal terserah bagai mana cara kita menggali manfa’at tersebut. Semoga artikel singkat ini bermanfa’at.

Bagikan ke

0 Komentar