Kurang tidur penyebab diabetes – Kebanyakan orang memiliki kebiasaan bergadang. Mungkin karena factor tugas atau factor-faktor lain yang membuat jadwal tidur mereka tak pasti dan jamtidur berkurang. Di Indonesia, banyak orang yang tak terlalu memperhatikan jamtidur mereka. Bahkan budaya bergadang atau tidur sampai larut malam sudah di anggap hal yang biasa .

Tapi saya akan berusaha mengubah persepsi anda tentang kurang tidur ini. Dari hal yang mungkin sebagian dari anda menganggapnya hal yang biasa dan lumrah, menjadi hal penting yang harus anda perhatikan. Apakah anda tahu bahwa kurang tidur dapat menyebabkan resiko terserang diabetes semakin tinggi? Apakah anda kurang percaya akan hal ini? Akan coba saya jelaskan sediit dari kaca mata ilmiah.

Kondisi kurang tidur yang terus-menerus dapat menyebabkan gula darah anda berlebih dan menumpuk dalam tubuh. Sehingga resiko anda terkena diabetes juga semakin besar. Hal tersebut di karenakan ketika anda kurang tidur, maka jumlah produksi Zat insulin yang di lepaskan oleh tubuh anda mengalami penurunan hingga 32%. Padahal zat insulin sendiri adalah kunci terpenting dalam meregulasi gula darah yang terdapat di dalam tubuh. Akibatnya, karena kurangnya regulasi maka jumlah gula dalam tubuh anda akan menumpuk dan dapat menyebabkan obesitas atau bahkan diabetes. Kurang tidur juga membuat system metabolisme tubuh anda menjadi lambat.

Hal ini telah di teliti oleh para ilmuwan dari Brigham and Women Hospital di kota boston. Mereka menyatakan orang yang kurang tidur dapat mengalami resiko diabetes type 2 yang lebih besar. Mereka melakukan riset terhadap 21 orang yang sehat yang semua tidur di area laboratorium kurang lebih selama 6 minggu. Selama penelitian siklus makan dan tidur mereka di control langsung oleh para peneliti. Nah, dari penelitian tersebut menunjukan bahwa peserta yang hanya di perbolehkan tidur selama 6 jam semalam memiliki kandungan gula darah yang tinggi dan metabolisme tubuh yang cenderung melambat. Jadi, masihkah anda beranggapan bergadang itu hal yang biasa?

Bagikan ke

0 Komentar