Hidup sehat dengan puasa – Bagi umat islam, tentu berpuasa bukan lagi hal yang baru. Puasa adalah suatu kewajiban yang di haruskan pada bualan ramadhan. Mungkin bagi sebagian orang menganggap puasa itu hanya sebuah proses spiritualisme saja, tapi selalu ada hikmah dan rahasia yang terkandiung di dalamnya. Terutama bagi kesehatan tubuh kita. Banyak orang malas puasa dengan alas an tak kuat lah, atau bahkan ada yang memakai alas an sakit. Padahal puasa itu sendiri dapat menjadi obat yang sangat mujarab bagi kesembuhan mereka. Apakah bisa di buktikan secara ilmiah? BISA.. berikut ini saya coba jelaskan manfa'at puasa bagi kesehatan anda di pandang dari kaca mata ilmiah.

Sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika kita berpuasa, tubuh akan memproduksi HDL yang meningkat, dan menurunkan produksi LDL. Dan menurut penelitian " chronobiological", kondisi tersebut sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Membuat fikiran tenang sehingga terhindar dari penyakit yang kronis. Dalam puasa sendiri kita di haruskan untuk menahan diri dari segala amarah. Menempa fikiran kita agar lebih bersyukur dan khusuk dalam menjalankan ibadah. Mungkin ini hanya langkah spiritualisme, tapi ternyata berdampak besar pada kondisi badaniah kita. Itu semua berdampak pada pencegahan penyakit jantung, kolestrol, dan juga penyakit otak.
Fikiran yang tenang dalam berpuasa ternyata mampu mempertajam akal dan membuat kita mampu lebih krative. Menurut sebuah penelitian, ketenangan pada fikiran akan membuat fikiran kita melambat. Tapi karena fikiran kita melambat, justru akan membuat fikiran tersebut lebih tajam.
Berpuasa juga termasuk diet yang dapat menghindarkan anda dari kegemukan dan segala penyakit yang timbul karenanya. Puasa akan membersihkan usus-usus anda dari sisa-sisa endapan makan. Dan endapan makanan ini biasanya bila di biarkan akan menjadi lemak di perut anda. Sehingga menimbulkan kegemukan.

Dan ada banyak lagi manfa'at-manfa'at dari puasa yang dapat di buktikan secara ilmiah. Jadi, apakah sekarang anda masih menolak jika di suruh berpuasa stelah mengetahuai akan fakta ini?

Bagikan ke

0 Komentar